Cacing Dalam Ikan Makarel Kalengan

BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan mengumumkan 27 merk makanan ikan kalengan yang diduga mengandung cacing didalamnya. Dari 27 merk ikan kalengan tersebut, 16 diantaranya merupakan produk impor. Pengumuman ini adalah tindak lanjut dari kasus cacing dalam ikan makarel kalengan yang ditemukan di pasar.

Menurut keterangan pihak BPOM melalui konferensi persnya, cacing dalam ikan makarel kalengan ini membuat ikan menjadi tidak layak konsumsi lagi. Pasalnya beberapa jenis parasit cacing yang ditemukan bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan seperti reaksi elergi atau bahkan juga sesak nafas untuk mereka yang memiliki asma. Bahaya lainnya adalah terjadi mual, muntah hingga gangguan pencernaan.

Berikut daftar merk yang ditarik karena isu cacing dalam ikan makarel kalengan tersebut adalah ABC, ABT, Ayam Brand, Botan, CIP, Dongwon, Dr Fish, Farmer Jack, Fiesta Seafood, Gaga, Hoki, Hosen, IO, Jojo, King Fisher, Maya, LSC, Nago atau Nagos, Naraya, Pesca, Pohsung, Pronass, Ranessa, S&W, Sempio, TLC, dan TSC.

Masyarakat dihimbau untuk tidak panik namun tetap waspada menangani isu cacing dalam ikan makarel kalengan serta pihak pedagang juga dihimbau untuk tidak memperjualbelikan produk ikan kalengan untuk sementara. Pasalnya cara untuk membedakan makanan kaleng yang bercacing dan tidak cukup sulit untuk dibedakan. Apabila masyarakat menemukan produk bermasalah lainnya juga, maka diharapkan dapat menghubungi nomor telepon BPOM segera.

This page needs javascript enabled !