Mengenal Mercedes-AMG GT R, Safety Car Balapan F1

Apakah anda pernah bertanya tanya atau penasaran kira kira mobil apa yang akan digunakan dalam pagelaran balap mobil paling bergengsi Formula 1? Apakah mobil formula juga? Jawabannya bukan. Mobil yang digunakan sebagai Safety Car atau pengawas keamanan dalam balapan mobil Formula 1 ternyata adalah sebuah mobil sedan. Namun jangan kira itu mobil sedan biasa, mobil yang menjadi Safety Car balapan F1 tersebut adalah Mercedes-AMG GT R. Lalu apa sih hebatnya mobil Mercedes ini? Berikut ulasannya.

Mercedes-AMG GT R adalah mobil dari pabrikan Mercedes yang dikenal dengan sedan sedan mewahnya yakni Mercedez Benz. Mobil ini sudah pasti memiliki kemampuan yang tidak sembarangan apalagi jika harus digunakan dalam tugas mengawal pertandingan balap mobil F1 dengan mesin jetnya. Mobil Mercedes yang memiliki seri AMG GT R ini ditenagai dengan mesin V8 berkapasitas 8,0 liter biturbo. Tenaganya? Jangan kaget, 503 hp dan torsi 800 nm. Mesin tersebut itu mampu membawa Mercedes-AMG GT R menuju kecepatan 100 Km/jam dengan waktu hanya 4 detik saja. Sedangkan kecepatan maksimal yang dapat dicapai mobil Safety Car ini adalah 304 km/jam. Dengan kecepatan tersebut, sudah pasti mobil ini akan mengatasi permasalahan di track F1 dengan cepat.

Tidak hanya berbekal mesin biturbo saja, Mercedes-AMG GT R juga dibekali berbagai fitur yang akan membuatnya semakin perkasa di track balapan F1 yang akan dimulai minggu ini. Mobil ini memiliki fitur berbeda dengan yang dijual dipasaran yakni fitur Track Package yang membuatnya nyaman melaju di track balap. Selain itu, mobil bertenaga ini juga dibekali rem keramik dan juga sistem proteksi roll over. Sebagai tambahan, lampu strobo yang didesain khusus agar mobil ini secara aerodinamis dapat melaju secara kencang tersemat sebagai air scoop.

Mercedes-AMG GT R khusus Safety Car ini tidak memliki desain interior atau bagian kabin yang berbeda dengan versi pasarnya. Hanya saja terdapat sebuah iPad yang akan menampilkan tayangan langsung F1 agar petugas dapat bergerak cepat mengatasi permasalahan di lintasan balap.

Tak hanya itu, Mercedes-AMG GT R versi Safety Car ini juga memiliki standar sebagai Medical Car yang dimana dapat bertugas sebagai pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan di lintasan balap. Hal ini juga didukung dengan bagasi seluas 490 liter yang mampu membawa peralatan pertolongan pertama sebelum tim medis lengkap datang menyusul.

Dikabarkan bahwa Mercedes-AMG GT R untuk Safecty Car di gelaran balap F1 kali ini akan disupiri oleh pembalap Alan Van Dew Merwe yang didalamnya juga ada Perwakilan Medis dari FIA yakni Dr Ian Roberts, serta ditambah seorang atau dua orang asisten medis di kursi belakang.

This page needs javascript enabled !