Isu Indonesia Bubar Tahun 2030, Darimana Asalnya?

Beberapa hari yang lalu masyarakat Indonesia diramaikan dengan sebuah rekaman video dari pidato Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di internet. Video tersebut kini menjadi viral dan berbagai pihak menanggapi video tersebut mulai dari netizen sendiri hingga tak terkecuali Presiden Joko Widodo. Dalam pidatonya yang diketahui ada dalam sebuah acara di FEB UI, Prabowo mengungkapkan bahwa Indonesia akan bubar pada tahun 2030. Isu Indonesia Bubar tahun 2030 itu diyakini beliau berdasarkan hasil kajian dari intelijen.

Video mengenai isu Indonesia Bubar tahun 2030 tersebut diunggah pertama kali di akun resmi Partai Gerindra. Sedangkan acara yang ada dalam video tersebut, diketahui direkam pada tahun 2017. Dalam video tersebut, Prabowo terlihat membawa sebuah buku berjudul Ghost Fleet, yang diyakini publik bahwa isu yang dibawa oleh Prabowo berasal dari buku yang ternyata sebuah novel fiksi.

Ramainya berita Isu Indonesia Bubar tahun 2030 ini terdengar hingga penulis buku Ghost Fleet yakni Peter W. Singer dan August Cole. Keduanya juga memberikan tanggapan mengenai klaim Prabowo terhadap isu yang ada dalam buku tersebut sebagai reaksi tidak terduga. Namun, dalam Twitternya baik Peter W. Singer dan August Cole tidak menganggap bahwa sebuah novel fiksi adalah prediksi dan meminta penjelasannya sendiri pada Panglima Indonesia.

This page needs javascript enabled !