Ketahui Bahaya Terlalu Sering Mandi Air Panas Bagi Pria

Saat cuaca dingin atau hujan banyak orang cenderung mandi air panas dan mandi air dingin saat cuaca panas. Mandi air panas atau dingin memiliki kelebihan tersendiri. Tapi jika Anda memilih salah satu dari keduanya, Anda harus memilih air dingin daripada air panas untuk melindungi kesehatan, terutama bagi pria.

Setiap laki-laki terlahir untuk kesehatan, fleksibilitas dan kekebalan tubuh yang luar biasa. Jadi normal jika laki-laki mandi air dingin saat cuaca dingin atau panas, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Jika Anda masih ragu untuk mandi air panas, bacalah informasi berikut mengapa Anda harus berhenti mandi air panas. Bahaya terlalu sering mandi air panas bagi pria:

  • Kurangi kesuburan
    Pada pria, di musim dingin jika Anda mandi di bawah pancuran air panas akan sangat mempengaruhi kesehatan reproduksi Anda. Karena suhu air panas, bisa mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma, dan air panas bisa membunuh sel sperma karena tidak bisa bertahan dalam suhu tinggi. Jadi, sebaiknya Anda mandi air dingin walupun cuaca sedang dingin agar memiliki sperma yang lebih sehat daripada mereka yang rutin mandi air panas.
  • Hentikan jantung
    Menurut sebuah studi menunjukkan, suhu lingkungan saat caca dingin, jika kita sering mandi air panas akan sangat berbahaya bagi jantung. Hal ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung.
  • Kulit kering
    Mencuci wajah dengan air panas akan menghilangkan kelembaban alami kulit, menghilangkan minyak yang menyebabkan kulit Anda menjadi kering, pucat dan tidak nyaman sehingga mengakibatkan kerusakan kulit. Jadi, di saat cuaca dingin sebaiknya cuci muka dengan air hangat, jangan terlalu panas. Setelah itu bilas dengan air dingin dan oleskan pelembab ke kulit.
  • Kurangi kekebalan tubuh
    Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa air dingin membantu tubuh meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara itu, air panas memiliki efek sebaliknya. Sangat berbahaya untuk minum air panas setelah minum alkohol, yang akan membuat keadaan keracunan lebih buruk, menyebabkan mual, bahkan sakit kepala, pusing, dan pusing. Dalam alkohol, bir juga memiliki sejumlah zat yang mengubah tekanan darah dan detak jantung dan, saat dipanaskan, merangsang zat ini.
  • Jantung berdetak lebih cepat
    Air panas bisa menyebabkan perubahan mendadak dalam tekanan darah di tubuh. Suhu air yang berlebihan bisa menyebabkan vasodilatasi. Karena itu, dibutuhkan jantung agar bekerja lebih keras untuk memompa darah. Hal ini dapat mempengaruhi orang yang memiliki masalah jantung.
  • Pusing
    Bagi sebagian orang, pemandian air panas juga bisa menyebabkan pusing. Hal ini terjadi karena kemungkinan perubahan tekanan darah.
  • Mual
    Karena adanya perubahan yang terjadi pada sistem peredaran darah, beberapa orang mengalami mual saat mereka berendam di bak mandi air panas. Jadi sebaiknya Anda tidak mandi setelah makan karena bisa menyebabkan Anda muntah.

Untuk semua alasan ini, Anda hanya perlu mandi dengan air dingin, atau sedikit hangat untuk membantu mengatasi cuaca dingin. Di saat cuaca panas, Anda harus juga membentuk kebiasaan mandi air dingin, untuk meminimalisir efek negatif dari mandi air panas yang disebutkan di atas.

This page needs javascript enabled !