Cara Terbaik Untuk Mencuci Buah Agar Terhindar Dari Bahan Kimia Berbahaya

Buah merupakan sumber makanan yang baik dan banyak nutrisi, serat dan vitamin yang akan membantu tubuh kita menjadi sehat dan memiliki ketahanan terhadap penyakit.

Nutrisi dan vitamin pada buah banyak terkandung pada kulit buah, sehingga untuk menyerap vitamin ini, kita perlu mencuci kulit buah jika tidak maka akan menimbulkan kerusakan yang tak terduga pada tubuh. Jadi cara mencuci buah dengan benar untuk memastikan kebersihan dan keamanan makanan harus kita lakukan. Untuk berbagai jenis buah, ada tip untuk masing-masing cara mencucinya yang terbaik.

Cara terbaik untuk mencuci buah agar terhindar dari bahan kimia berbahaya

  • Stroberi dan murbei
    Untuk stroberi, saat Anda membelinya sebaiknya pilih buah matang dan segar. Buahyang kotor karena tanah yang lengket harus dibersihkan. Kemudian taruh stroberi dalam keranjang, rendam dalam air, ambil setiap buah dan cuci langsung di bawah keran dan gunakan sikat lembut untuk membersihkan celah. Terakhir bilas dengan air matang dan simpan di freezer. Atau Anda juga bisa mengambil air mendidih ditambah dengan garam, rendam stroberi dalam 20 – 30 menit, tiriskan, kemudian Anda bisa memakannya.

    Cara menarik untuk mencuci murbei adalah dengan menggunakan anggur putih untuk membantu membersihkan murbei dan mempertahankan rasa alami buah ini.

  • Cara mencuci apel dengan benar
    Apel adalah buah berserat tinggi, terutama kulit apel adalah tempat yang paling bergizi, sehingga para ahli sering merekomendasikan menggunakan cangkang apel untuk mendapatkan manfaat paling banyak. Namun, ini adalah tempat dimana sebagian besar bahan kimia berbahaya menumpuk dalam perawatan apel.

    Jika tidak dicuci dengan benar untuk menghilangkan racun, bisa menyebabkan keracunan pada tubuh dan membahayakan kesehatan.Untuk membantu mengeluarkan toksin dari apel, cuci apel sekali dengan air bersih dan lepaskan kotoran dari kulit apel, lalu masukan dalam baskom dengan larutan garam atau cuka encer dan bersihkan tangan sampai bersih. Di dalam kandungan garam terdapat desinfektan yang akan membersihkan sisa lapisan parasit pada kulit apel.

    Terakhir, gunakan air matang untuk membersihkannya lagi, sehingga Anda bisa yakin makan apel bersama kulitnya. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan sedikit pasta gigi, gosok kulit apel, lalu bilas dengan air bersih atau air panas. Dengan cara ini, Anda juga bisa dengan aman memakan seluruh kulit apel tanpa takut bahan pengawet pada kulit apel.

    Saat mencuci, perhatikan atas dan bawah apel, karena di sinilah sebagian besar bakteri terkonsentrasi, dan terakhir bilas dengan air bersih yang bisa Anda nikmati bersama keluarga Anda.

  • Cara membersihkan buah anggur
    Anggur adalah buah yang sangat tipis. Permukaan anggur biasanya ditutupi dengan lapisan embun tepung yang lebih mengandung lumpur. Anda harus mencucinya dengan hati-hati, kulit anggur kecil sangat rawan robek.Untuk membersihkan buah anggur, cuci dengan lembut dan bilas langsung dengan air, gunakan wol atau kapas halus untuk mencuci buah ini untuk menghilangkan debu dan kuman.

    Anggur tidak boleh dimasukkan ke dalam baskom dan mencuci dengan air mengalir. Melakukan hal itu akan menghancurkan buah anggur dan buah anggur akan kehilangan kesegarannya.

  • Cara mencuci buah jeruk dan lemon
    Banyak orang berpikir bahwa makan jeruk atau lemon tidak perlu dicuci, karena tidak makan kulitnya. Namun, kulit terluar mengandung minyak esensial, saat Anda mengupas minyak ini akan menembaki kulit tangan dengan zat beracun, yang dapat mempengaruhi kesehatan kita.

    Jadi untuk mencuci buah jeruk sampai bersih, bilas dengan air mendidih untuk menghindari bahan pengawet di permukaan, lalu cuci dengan air dingin.

  • Jenis melon
    Melon manis dan wangi. Anda harus mencuci dengan air dingin dengan tangan atau dengan kuas.Catatan: Agar tidak mengurangi jumlah vitamin buah ini, saat membersihkan buah harus dilakukan dengan cepat. Setelah dicuci, melon kehilangan kemampuan bertahan lama karena cangkang luarnya rusak. Karena itu, buah setelah dicuci jangan disimpan terlalu lama.

    Agar tidak kehilangan nutrisi, saat mengupas melon perlu menggunakan pisau stainless steel.

Metode kimia untuk menghilangkan bakteri pada buah
Ambil potassium perinanganate ke dalam panci air sampai air merah jambu dan rendam buah dalam larutan selama sekitar 10 sampai 15 menit, bilas dengan air bersih dan air mendidih hingga sampai dingin, buah baru bisa dimakan.

Atau keluarkan 0,1 sampai 0,2 ml larutan oksikil ke dalam 1 liter air dan rendam buah dalam larutan ini selama 2-5 menit. Jenis larutan ini tidak beracun, tidak berbahaya, tidak berbau aneh dan membersihkan buah dengan sangat baik.

Namun, tanpa cara ini, Anda bisa mencuci dan merendam buah dengan air garam. Jika buah sudah bersih (tidak diawetkan atau diinkubasi dengan bahan kimia), cukup bersihkan dengan air bersih.

This page needs javascript enabled !