6 Tanda Peringatan Serangan Jantung Pada Wanita

Anda mungkin tidak tahu bahwa penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di kalangan wanita Amerika dan merupakan salah satu ancaman kesehatan paling serius bagi wanita di negara lain, termasuk Indonesia. Karena itu, Anda perlu mencari tahu tentang gejala yang menyebabkan serangan jantung untuk bisa mendeteksi dini dan mengobati penyakit segera.

Saat ini, serangan jantung digolongkan sebagai salah satu penyebab utama kematian mendadak. Sayangnya, penyebab utama penyakit jantung seringkali sulit didiagnosis dan dideteksi sejak dini. Namun, sebelum penyakit terjadi, tubuh mengirimkan tanda khusus yang sering diabaikan pasien.

Di sini kita akan belajar tentang gejala umum yang dapat terjadi sebelum serangan jantung. Namun, gejala yang menyebabkan serangan jantung pada wanita dan pria sangat berbeda dan terkadang sulit dikenali, jadi sadarilah enam tanda berikut serangan jantung pada wanita:

6 Tanda Peringatan Serangan Jantung Pada Wanita

  1. Sakit punggung, leher, rahang dan lengan
    Tanda-tanda ini dapat membingungkan bagi pasien, karena banyak orang masih menganggap serangan jantung pada wanita terutama terkait dengan penempatan di dada atau lengan kiri tanpa melibatkan leher atau rahang. Intinya, rasa sakit di semua area bisa menjadi peringatan penyakit jantung.

    Pasien mungkin mengalami nyeri progresif, nyeri persisten, nyeri akut atau nyeri mendadak. Rasa sakit bahkan bisa membangunkan Anda di tengah malam. Begitu tanda-tanda itu muncul, sebaiknya segera menindaklanjuti dengan dokter Anda. Karena itu, Anda harus sadar dan sadar akan tingkat keparahan gejala tersebut.

  2. Nyeri atau ketidaknyamanan di perut
    Tanda-tanda serangan jantung pada wanita yang sering hadir di daerah perut juga bingung dengan tanda-tanda keracunan, flu atau mulas. Pada wanita, selain rasa sakit perut, beberapa digambarkan seperti ditemui “terdapat batu di atas perut”.
  3. Keringat dingin
    Keringat dingin adalah gejala umum serangan jantung yang umum terlihat pada wanita dan juga mudah keliru untuk stres. Namun, jika ini terjadi saat Anda tidak pernah kedinginan sebelumnya, segera kunjungi spesialis untuk mendapatkan saran dan perawatan tepat waktu.
  4. Napas tersengal dan pusing
    Masalah pernafasan dengan penyebab yang tidak diketahui seringkali merupakan tanda serangan jantung pada wanita, terutama jika disertai gejala pada daftar ini. Banyak wanita yang selamat dari serangan jantung mengatakan bahwa mereka merasa lelah seolah mereka berlari maraton meski mereka tidak bekerja atau banyak bergerak.

    Pusing membuat Anda merasa tidak nyaman dan merupakan tanda kelemahan tapi mungkin juga merupakan gejala serangan jantung. Pusing, penglihatan kabur dan bahkan pingsan yang terjadi jika irama jantung yang abnormal dikaitkan dengan penurunan yang signifikan pada tekanan darah dan curah jantung, terutama ketika Anda berdiri tegak. Jika pusing tidak jelas, itu adalah alasan bagus bagi Anda untuk menemui dokter jadi jangan berkecil hati dan berpikir bahwa istirahat sejenak akan baik-baik saja.

  5. Sering merasa lelah
    Jika setelah istirahat cukup lama Anda masih merasa lelah, tidak mampu melakukan tindakan kecil sekalipun (seperti melangkah ke toilet), ini pertanda sistem kardiovaskular memilikimasalah.
  6. Merasa tekanan dan nyeri di dada
    Pada pria dan wanita, jika terjadi serangan jantung, akan merasa nyeri dada, merasa tidak nyaman, panas terbakar dan tekanan berat di dada. Bahkan, beberapa wanita mengalami nyeri di dada bagian kiri, namun beberapa di dada. Jika sakit dada tidak hilang dalam beberapa menit, maka Anda harus segera hubungi dokter Anda.

Catatan: Tanda diatas tidak 100% benar untuk mengetahui tanda awal serangan jantung pada wanita. Tapi jika gejala muncul bersama dan dengan waktu yang lama, yang terbaik adalah menemui dokter untuk perawatan medis tepat waktu agar mendapatkan penanganan terbaik!

This page needs javascript enabled !