6 Cara Sederhana Untuk Meminimalkan Efek Berbahaya Dari Duduk Lama

Dalam kehidupan sekarang ini, banyak pekerjaan memaksa Anda untuk duduk lama di depan layar komputer. Jadi, cara sederhana berikut ini akan membantu Anda menghindari rasa sakit akibat duduk telalu lama agar dapat bekerja lebih efektif. Silakan simak tipsnya berikut ini!

Menurut ahli kesehatan, kelelahan dan nyeri otot disebabkan oleh persendian karena postur tubuh yang salah saat bekerja atau terlalu lama duduk di depan komputer. Olehkarena itu kami mengumpulkan rekomendasi terbaik dari pakar medis tentang cara meminimalkan efek bahaya dari duduk di depan komputer telalu lama agar tidak membahayakan kesehatan. Silakan simak 6 cara sederhana untuk meminimalkan efek berbahaya dari duduk lama di bawah ini!

Cara Meminimalkan Efek Berbahaya Dari Duduk Telalu Lama

  • Rasa sakit
    Untuk menghindari sakit pada kaki, sebaiknya jangan duduk bersila. Postur ini mengurangi kemampuan untuk mengedarkan darah, menyumbat pembuluh darah, menyebabkan ketidaknyamanan dalam bentuk kelumpuhan dan menyebabkan kaki gelisah.
    Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengatur tinggi kursi agar sesuai dengan panjang kaki sehingga kaki tidak tersuspensi, bisa diletakkan dengan nyaman di lantai atau meja kerja. Kaki dan paha membentuk sudut sekitar 90 derajat.
  • Hindari sakit punggung
    Kedalaman tempat duduk harus sesuai dengan panjang pinggul. Jika tempat duduk terlalu besar, Anda bisa menggunakan bantal atau alas belakang agar tidak tergelincir, merasa stres dan lelah.

    Bagian belakang kursi harus sejajar dengan bagian belakang tubuh sehingga bagian atas.
    Namun, jangan terburu-buru mengubah posisi jika merasa tidak nyaman. Biarkan otot Anda menggunakan postur tubuh yang benar. Beberapa orang akan merasa lebih santai dan rileks, tapi ini tidak akan terjadi dengan segera.

  • Anti-fatigue
    Saat mengerjakan pekerjaan di depan komputer, tangan Anda selalu meregang. Sikap yang salah akan membuat tangan Anda lebih lelah, sakit sekaligus merasakan tangan mati rasa di pagi hari.

    Sesuaikan tempat duduk sehingga tangan Anda bisa diletakkan lurus dengan meja, tidak dengan atau ke bawah. Posisi yang tepat dari bahu dan lengan adalah saat keyboard dan mouse berada pada tinggi yang sama dengan siku. Pergelangan tangan harus diluruskan, tidak berpaling ke kedua sisinya. Lengan dan bahu membentuk sudut 90 derajat.

  • Hindari sakit leher
    Untuk menghindari sakit kepala dan pusing, sesuaikan posisi punggung Anda dan atur tinggi layar agar sesuai dengan penglihatan mata. Jika terlalu rendah, Anda harus menekuk punggung atau meluncur ke bawah kursi. Hal ini meningkatkan beban pada tepi depan cakram dan dapat menyebabkan hernia atau tonjolan.

    Duduklah di atas kursi, tutup mata dan rileks. Saat membuka mata Anda, lihat titik tengah di layar tepat di depan mata Anda, bukan sisi sehingga berat pada leher dan mata Anda akan diminimalisir. Jika perlu, gunakan braket bawah untuk memastikan tampilan yang benar.

  • Keletihan mata
    Saat bekerja dengan komputer untuk waktu yang lama, Anda mungkin mengalami gejala seperti penglihatan kabur, mata kering, mata merah dan sakit kepala. Untuk menghindarinya, atur bagian tengah layar lurus ke mata dan sekitar 50cm menjauh dari wajah dan hindari layar terlalu cerah.

    Jika Anda duduk di dekat jendela, tarik layar, sesuaikan kecerahan, kontras layar serta ukuran font yang sesuai. Lakukan latihan seperti mengarahkan mata ke luar jendela atau melihat sekeliling ruangan selama 20 detik atau cukup santaikan mata Anda.

  • Kurangi nyeri otot
    Orang yang duduk terlalu lama dan mengonsumsi permen lebih cenderung terkena kolesterol ke arteri yang menyebabkan aterosklerosis. Perasaan tidak nyaman sering muncul menjelang petang, termasuk sakit dan nyeri, sakit kaki, kaki bengkak dan tekanan darah tinggi.

    Untuk menghindarinya, pastikan Anda menghabiskan sekitar 15 menit setiap hari berolahraga, seperti berjalan kaki ataubersepeda. Selain itu, Anda juga harus menjaga pola makan sehat.

Sekian dari kami tentang 6 cara sederhana untuk meminimalkan efek berbahaya dari duduk lama, semoga dapat membantu Anda untuk lebih nyaman dan rileks saat bekerja.