Mengenal Komponen Mesin Mobil yang Rawan Alami Kerusakan

Kadang kalanya pada saat Anda sedang mengendarai mobil, mungkin saja Anda sering sekali mendengarkan adanya bunyi – bunyi yang aneh keluar dari mesin mobil Anda tersebut. Tentunya yang demikian ini akan sangat mengganggu perjalanan Anda, kan?

Sepertinya hal tersebut merupakan tanda – tanda bahwasannya mobil yang sedang Anda kendarai sedang bermasalah. Walaupun Anda mungkin tidak bisa memperbaikinya sendiri, dan Anda harus membawanya ke bengkel, tak ada salahnya jika Anda tahu beberapa komponen yang dianggap paling sering alami masalah. Hal tersebut sebagai antisipasi supaya Anda tak dicurangi pihak bengkel yang kadang kalanya usil menaikkan harga perbaikan.

Mengenal Komponen Mesin Mobil yang Rawan Alami Kerusakan

  • Distributor
    Ini adalah komponen pertama yang bisa dibilang cukup rawan sekali alami kerusakan. Distributor pada dasarnya berfungsi untuk menyuplai tenaga hasil dari pengapian ke semua komponen penggerak mesin mobil. Jika pada komponen tersebut alami gangguan atau masalah, maka yang demikian akan berpengaruh pula pada kinerja mesin mobil Anda.
  • Sistem injeksi
    Komponen mesin mobil ini juga tak berbeda dengan komponen di atas yang rawan alami kerusakan. Sistem injeksi pada mobil memiliki peranan yang cukup penting sekali untuk mengalirkan bahan bakar ke silinder mesin. Sistem injeksi umumnya bermasalah jika kotor atau pun tersumbat. Untuk mengetahui sistem injeksi pada mobil Anda bermasalah atau pun tidak Anda bisa lakukan pengecekan seperti saat dinyalakan Anda bisa arahkan gigi pada posisi netral, lalu injak pedal gasnya secara penuh tetapi dalam kondisi tertahan. Jika mesinnya bergetar kasar, maka bisa dipastikan sistem injeksi mobil Anda sedang kotor atau tersumbat.
  • Karburator
    Memiliki peranan yang hampir sama dengan sistem injeksi, hanya saja komponen ini bekerja secara makanis, sementara itu untuk sistem injektor sendiri bekerja secara elektronik. Fungsinya juga bisa dibilang sama, yakni memasok bensin ke dalam silinder. Komponen tersebut kerap kali alami masalah pada bagian katupnya. Jika katup terlalu tinggi, maka bisa berakibat tak menutupnya karburator dengan baik, sehingga pasokan bahan bakarnya akan banyak dan sebabkan banjir.
  • Kaki mobil
    Komponen mesin mobil yang rawan alami kerusakan lainnya adalah kaki mobil. Ini adalah komponen mobil yang hubungkan antara sasis dan roda juga bagian yang lain. Kaki mobil sendiri juga jadi pengendali mobil. Jika kaki mobil alami masalah, maka akan sangat mengganggu kenyamanan perjalanan Anda. Setidaknya ada tiga buah komponen kaki mobil yang rawan alami kerusakan, diantaranya tie rod, ball joint, rack end, dan juga ball joint yang memiliki peranan sebagai sumbu roda ketika berbelok, juga jadi penghubung antara sayap dan knuckle roda.
  • Koil
    Berperan untuk memberikan tenaga listik pada bagian busi, jika komponen ini rusak atau alami masalah, maka bisa dipastikan proses pengapian tak akan dapat berjalan normal lagi. Koil yang mulai lemah biasanya memiliki ciri sangat khas, yakni percikan api warna merah sedangkan jika koil dalam kondisi baik, maka warna dari percikannya tersebut berwarna putih biru. Biasanya jika koil alami masalah, maka mesin mobil akan mati mendadak saat mesin sudah dipanaskan.
  • Busi
    Komponen selanjutnya yang juga kerap kali alami kerusakan adalah busi. Ya, ini merupakan suku cadang yang ada pada bagian mesin pembakaran dalam. Fungsinya sebagai pembakar bensin yang sudah dikompres piston. Kerja busi ini berupa percikan elektrik, dimana elektrode yang ada di bagian tengah businya dihubungkan dengan kabel koin pengapian dibagian luar busi, sehingga bisa membentuk celah percikan di dalam silinder. Busi yang alami masalah umumnya bisa dilihat dari bentuk kepalanya yang mulai rusak atau pun merenggang.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang komponen mesin mobil yang rawan alami kerusakan. Semoga bermanfaat.

This page needs javascript enabled !