Kapan Ada Mobil Listrik di Indonesia?

Mobil listrik sering menjadi isu yang dihubungkan dengan lingkungan dan juga dengan masa depan. Meskipun mulai banyak perkembangan dari mobil listrik yang dikembangkan di tanah air, namun sepertinya peralihan kendaraan dari mobil BBM ke mobil listrik akan lama. Bahkan banyak yang menduga bahwa mobil listrik di Indonesia akan mulai ramai hingga 20 tahun ke depan. Banyak faktor yang memang seakan mengembangkan fakta ini meskipun vendor vendor otomotif besar seperti BMW yang bersiap mengirimkan banyak mobil listrik ke Indonesia. Berikut faktor faktornya

  • Belum Banyak Vendor dan Jenis Mobil Listrik
    Meskipun pabrikan pabrikan kendaraan roda empat mulai mengembangkan kendaraannya ke arah kendaraan yang ramah lingkungan yakni mobil listrik, namun untuk produk jadinya yang dijual di pasaran masihlah sedikit. Selain itu untuk pasar Indonesia sendiri belum dikatakan siap karena ketertarikan masyarakat untuk mobil listrik di Indonesia masih cukup kecil.
  • Harga Mahal
    Jika dikatakan bahwa ketertarikan untuk mobil listrik di Indonesia masih kecil dan menyebabkan pasar Indonesia terlihat lesu adalah karena harganya yang masih cenderung sangat mahal. Pemerintah sendiri memang sudah memberikan pandangan untuk mobil listrik nasional namun beritanya hingga sekarang pun tidak memberikan perkembangan yang pasti apalagi mengingat harga yang mungkin ditawarkan. Terhitung beberapa
  • Ekosistem Belum Lengkap
    Selain dua faktor mulai dari jumlah produsen dan juga harga dari mobil listrik di pasaran yang mahal, yang tidak kalah penting lainnya adalah ekosistem di tanah air yang belum memiliki pandangan kedepannya. Kebutuhan mobil listrik di Indonesia tentu harus diiringi dnegan jumlah pom atau pusat pengisian tenaga mobil listrik yang lengkap. Jikalau pun sudah mulai dibangun, maka pusat pengisian listrik untuk mobil listrik pun akan dimulai dari kota kota besar seperti Jakarta terlebih dahulu.

    Ekosistem lainnya yang juga semestinya mendukung keberadaan mobil listrik di Indonesia adalah regulasi dari pemerintah dan juga ketersediaan suku cadang dan kemampuan dalam melakukan servis yang mungkin belum banyak dibuka bengkel bengkel khusus untuk melayani kendaraan dengan tenaga listrik.

  • Kemampuan
    Di lain hal, ketertarikan untuk mobil listrik di Indonesia maupun di luar negeri yang belum terlalu besar juga melihat dari faktor kemampuan mobil listrik tersebut. Tidak sedikit yang pada akhirnya produsen membuat mobil listrik yang masih bersistem hybrid atau campuran dengan konsumsi BBM. Memang langkah ini baik untuk memperkenalkan kemampuan kendaraan bertenaga listrik, namun di lain sisi itu artinya bahwa mobil hybrid tersebut pada akhirnya akan tidak terpakai ketika mobil listrik yang semakin baik sudah muncul di pasaran.

Mobil listrik adalah sebuah jalan yang dipilih untuk membantu mengatasi masalah lingkungan akibat gas pembuangan, jadi memang isu mobil listrik di Indonesia pun juga harusnya semakin baik, agar selain Indonesia dapat mengejar ketertinggalan dalam bidang teknologi pula.

This page needs javascript enabled !