7 Tempat Wisata di Tegal yang wajib Anda Kunjungi

Berbicara kab. Tegal Jawa Tengah, banyak hal unik yang menjadi karakteristik dan budaya masyarakatnya. Selain bahasa Tegalan yang lugas dan tegas, batik Tegalan ternyata juga memiliki karakteristik tersendiri. Corak batik dengan motif yang cenderung reng-rengan dan melebar, adalah ciri batik Tegalan yang tidak ada di daerah lain. Walaupun jika ditilik dari beberapa referensi sejarah batik Tegalan banyak yang menyebutkan bahwa sejarah Batik Tegalan tidak lepas dari sejarah kerajaan Mataram dimana batik dibawa dan dikenalkan oleh Raja Amangkurat saat dating ke Tegal. Namun kenyataannya, corak batik Tegalan sangat berbeda jauh dengan corak batik dari Solo. Tetapi dalam hal ini tidak akan dibahas masalah Sejara Batik Tegalan dan Motif batik Tegal .

Kemudian jika dilihat dari konteks historisitas ternyata Tegal memiliki sejarah yang unik dibandingkan dengan daerah-daerah lain dimana terjadi Peristiwa Tiga Daerah di tahun 1945. Bagi yang penasaran dengan cerita sejarah tersebut, bisa dicari bukunya dengan judul Peristiwa Tiga Daerah karangan dari Anton Lucas. Nah kali ini kita akan focus membahas masalah tempat-tempat wisata yang ada di kabupaten Tegal. Jika dilihat dalam konteks kultur budaya dan historisitas terdapat keunikan-keunikan, maka dalam konteks perjalanan wisata di kabupaten Tegal akan ditemukan juga banyak keunikan-keunikan yang ada. Apa saja keunikan-keunikannya? Mari kita menjelajahi satu demi satu ke-15 tempat wisata di kabupaten Tegal Jawa Tengah.

  1. Taman Wisata Guci
    Siapa yang tidak kenal dengan Taman Wisata Guci dengan nuansa alamnya yang sangat asri. Jika pernah berwisata di Baturaden Purwokerto, Kaliurang Jogja, Puncak Bogor, ya kurang lebih seperti itu. Pemandian Air Panas Guci merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat terkenal di Kabupaten Tegal jawa Tengah, tepatnya beralamat di Dukuh Pekandangan Desa Rembul, Kec. Bojong Tegal. Sesuai dengan namanya, obyek wisata ini memiliki keunikan berupa sumber air panas yang berada di kaki Gunung Slamet.

    Selain terkenal dengan pemandian air panas nya, pemandangan di sekitar Guci ini juga sangat menarik karena berlokasi di kaki Gunung Slamet sehingga nuansa pegunungan yang berhawa sejuk sangat terasa. Di Taman Wisata Guci banyak tempat yang bisa kita jadikan untuk melepaskan beban pikiran dari tuntutan pekerjaan, berlibur bersama keluarga ataupun komunitas bersama, dll.

  2. Purwahamba Indah
    Berlokasi di bagian utara pulau Jawa tepatnya di sebelah utara Jalan Raya Pantai Utara Jawa. Jadi, bagi yang sering melintasi jalan raya Pantura dapat singgah di Pantai Purwahamba Indah untuk melepas penat dan beban pekerjaan serta liburan bersama keluarga. Pantai Purwahamba Indah tidak hanya sekedar wisata alam pantai namun juga memiliki berbagai macam fasilitas wisata lain seperti waterboom, kolam renang, sepeda air, gazebo café, kereta mini, museum terbuka kapal terbang yang didalamnya dapat dijadikan tempat untuk menonton film animasi 3 dimensi, dll.

    Berbeda dengan pantai-pantai di bagian selatan pulau Jawa dengan ombaknya yang begitu besar, pantai-pantai di bagian utara pulau Jawa yang salah satunya adalah Pantai Purwahamba Indah memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Sehingga tidak terlalu bahaya bagi pengunjung untuk menikmati keindahan pantai Purwahamba Indah. Namun demikian, prinsip kehati-hatian tetap harus dijaga terutama bagi orang tua yang membawa anak kecil tentunya butuh perhatian khusus demi keselamatan anak-anak dan keluarga.

  3. Pemandian Air Hangat
    Guci tempat wisata alam dengan udara yang sangat sejuk dan dingin. Namun jangan khawatir, ada tempat pemandian air hangat dengan 13 pancuran. Mitos yang berkembang di masyarakat lokal setempat percaya bahwa pemandian air hangat tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

    Tetapi terlepas dari mitos yang berkembang di masyarakat, pemandian air hangat dapat mengantisipasi suhu tubuh yang kedinginan.

  4. Rumah Wayang
    Rumah wayang yang diresmikan oleh Wakil Bupati Tegal, HM. Herry Soelistyawan, SH, MHum pada 19 Maret 2012 ini bertempat di Sanggar Satria Laras, milik dalang Ki Enthus Susmono bupati kabupaten Tegal. Pada saat diremikannya rumah wayang tersebut, Ki Enthus Susmono belum menjabat sebagai sebagai Bupati kabpaten Tegal. Lebih tepatnya lokasi rumah wayang berada di desa Bengle kecamatan Talang.

    Rumah Wayang dengan ukuran luas sekitar 4 x 4 meter ini menyimpan ribuan wayang baik gaya tradisi maupun kontemporer, mulai wayang kulit, wayang golek, wayang santri, wayang bambu, wayang kreasi, ada juga aksesoris seperti jenis-jenis keris, topeng, batik tegalan, lukisan dunia pewayangan, senjata-senjata khas dunia pewayangan, foto-foto Ki Enthus, gamelan, dll. Jadwal setiap harinya buka antara jam 08:00-10:00 dan jam 15:00-17:00 WIB.

  5. Tempat Outbond
    Nah bagi yang ingin outbond dengan tujuan membangun sebuah kebersamaan team work, memiliki hobi pecinta alam yang penuh dengan tantangan, dll, ada tempat yang cocok untuk berbagai macam permainan. Untuk kegiatan dengan skala besar dan peserta yang sangat cukup relative banyak, ada jasa event organizer yang siap memfasilitasi kegiatan outbond dengan berbagai macam variasi permainannya.
  6. Waduk Cacaban
    Tahukan presiden pertama Negara kita yaitu bapak Presiden Soekarno. Waduk Cacaban bukan hanya sekedar mengandung nilai estetika dengan nuansa alam yang alami tetapi juga mengandung nilai sejarah dan nilai ekonomis. Mengapa? Mengandung nilai sejarah karena Waduk Cacaban yang dibangun sejak tahun 1952 tersebut merupakan buah karya design arsitektur dari Presiden Soekarno sendiri sehingga pada saat mulai dibangun, peletakan batu pertama dilakukan oleh Presiden Soekarno. Selain nilai sejarah, tujuan awal Waduk Cacaban dibangun adalah dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat petani.

    Dengan dibangunnya waduk Cacaban, air dapat menjangkau di 4 kecamatan yang ada di kabupaten Tegal. Dengan demikian, petani dapat menanam padi walaupun saat musim kemarau. Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, banyak yang mengunjungi Waduk Cacaban sebagai tempat wisata. Melihat potensi tersebut, pemerintah kabupaten Tegal berupaya memaksimalkan potensi alam yang ada. Beberapa fasilitas di sekitar waduk seperti bumi perkemahan, tempat bermain anak, panggung hiburan, warung apung, kapal wisata dll.

  7. Batu Agung, Balapulang
    Bukit Batu Agung diambil dari sebuah nama desa yaitu desa Batu Agung karena terletak di 3 desa yaitu Desa Batu Agung, Desa Harjawinangun, dan Desa Bukateja yang semua berada di wilayah Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal.

    Ini sangat cocok bagi anak muda yang punya hobi adventure.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan mengenai 10 Tempat Wisata di Tegal yang wajib Anda Kunjungi yang bisa anda jadikan referensi pada saat akan liburan atau juga bisa untuk menambah ilmu. Terimaksih telah berkunjung dan membacanya.

This page needs javascript enabled !