4 Wisata Kuliner disekitar kota Bukittinggi

Berkunjung dan setelah wisata di kota Bukittinggi tentu harus ditambah dengan wisata kuliner. Wisata seperti sudah sangat lazim dan harus dilakukan. Mencicipi masakan asli tentu berbeda jika anda membelinya di kota lain. Berbeda racikan bumbu tentu sebagai penyebab utama terjadinya perbedaan rasa. Berikut wisata kuliner yang harus anda coba setelah melakukan wisata di kota Bukittinggi.

  1. Nasi Kapau Bukittinggi.
    Lokasi nasi kapau ini terletak di pasar atas tidak jauh dari Jam Gadang. Anda harus menelusuri pasar atas dan menuju ke los lambuang . Banyak sekali pedagang yang menggelar dagangan dilokasi ini, tentu anda akan memilih pedagang yang sangat laris pengunjungnya. Sebenarnya tergantung selera dari pengunjung mana yang terbaik untuk tempat bersantap. Kalau saya memilih kios yang rame pengunjungnya itulah penjual yang sangat enak masakannya yaitu Uni Lis dan Uni Er.Beraneka ragam jenis lauk disediakan oleh pedagang seperti rendang, gulai ayam kuning, usus isi telur, telor-dadar, paru goreng, ayam goreng balado, dan masih banyak lagi. Harganya mulai dari IDR 25.000 – IDR 30.000. Dengan harga ini saya pikir sangat masuk akal dengan variasi menu yang saya dapat untuk satu piring nasi kapau. Buka dari jam 10:00 – 17:00.
  2. Pical Sikai.
    Pical Sikai belokasi di dekat panorama Ngarai-Sianok dan Lobang Jepang. Penjualan Pical Sikai ini sudah dimulai tahun 1950 an. Dengan lengkapnya jenis sayuran yang disediakan untuk satu piring Pical Sikai seperti kacang panjang, kol mentah, bambu muda , timun dan lainnya serta bumbu kacang ini rasanya tetap sama dari waktu pertama kali dibuka oleh orang tua penjual. Penjual sekarang sudah generasi yang ketiga dan keempat yang meneruskan wisata kuliner yang ada di kota Bukittinggi.Menurut penjualnya mereka menggunakan bahan pilihan dan setiap hari akan menggunakan bahan yang baru, tidak menggunakan bahan yang sudah dipakai sebelumnya. Lokasinya cukup strategis dengan harga yang pantas sekitar IDR 12.000 an ini tentu akan menemani wisata anda menjadi lengkap. Pelanggan tetap Pical Sikai ini adalah pejabat negeri di kota Padang, Artis, dan perantau. Didekat Pical Sikai tersedia mesjid jika anda ingin menunaikan solat fardhu.
  3. Bika Si-Mariana.
    Panganan tradisional yang sudah meleganda ini berada di daerah koto-baru tepatya setelah pasar koto baru posisinya sebelah kanan di jalan Bukittinggi – Padang Panjang. Disini banyak sekali yang menjual bika tetapi yang menjadi pionir adalah Bika Si-Mariana.Jangan diragukan lagi rasanya campuran tepung beras, gula pasir, dan kelapa inilah yang membuat bika yang dijajakan selalu ada pembeli setia. Prosesnya masih sangat tradisional, menggunakan kayu dan gerabah tempat memasak bika. Harganya IDR 3000 perbuah. Buka dari jam 10:00 – 19:00.
  4. Sate Mak-Syukur Padang Panjang.
    Sate merupakan jenis masakan yang sangat populer di Sumatera Barat. Daging berbumbu dicampur dengan kuah tentu akan sangat lezat terhidang diatas meja bersama dengan ketupatnya. Kuah yang disiram bersama tusukkan daging sapi dengan ketupat ini berasal dari rempah pilihan yang sangat harum jika dihidangkan masih hangat. Tentu tidak lengkap jika menu Sate Mak-Syukur ini ditambah dengan kerupuk kulit sapi yang berukuran jumbo yang akan pas terpadu dengan kuah sate tadi. Tidak akan cukup satu jika anda sudah mencobanya. Kalau saya sampai tiga potong kerupuk kulit sapi ini.Lokasi Sate Mak-Syukur ini berada di dua lokasi berlokasi di pasar Padang Panjang berlokasi di Jl Prof Moh.Yamin atau dijalan utama Bukittinggi – Padang. Jika dari kota Bukittinggi lokasinya sebelah kanan dan bersebelahan dengan kantor pemerintahan kota Padang Panjang. Harga satu piring sate IDR 25.000. Buka dari jam 10:00 – 21:00.

Inilah jadwal tempat wisata di Bukittinggi yang harus anda kunjungi. Tidak hanya tempat wisata tetapi juga wisata kuliner yang berada disekitar kota Bukittinggi. Memang lokasinya terpisah dengan lokasi tempat wisata utama, tetapi jalurnya masih dalam satu jalan utama menuju ke kota Padang – tentunya jika anda selesai berlibur dari kota Bukittinggi. Harganya masih sangat terjangkau dan rasanya tentu sangat berbeda dengan panganan yang serupa jika anda temui diluar kota tempat tinggal anda. Selamat mencoba.

This page needs javascript enabled !