Serba – Serbi Terapi Aerosol untuk Atasi Paru Obstruktif Kronis

Dalam dunia medis, aerosol yang merupakan suatu partikel zat yang ada di udara dapat berupa debu, kabut, awan atau asap yang digunakan sebagai terapi dengan cara memasukkannya ke dalam tubuh melalui saluran nafas. Aerosol bahkan menjadi serba – serbi terapi yang ampuh dalam mengatasi masalah serangan paru obstruktif secara kronis.

Biasanya obat aerosol diberikan melalui terapi inhalasi dengan menggunakan perangkat berupa nebulizer dan juga inhaler. Prosedur ini juga dikenal dengan istilah terapi aerosol dimana biasanya digunakan sebagai salah satu perawatan terbaik untuk mengatasi penyakit paru obstruktif kronis yaitu sejumlah penyakit yang menyerang paru – paru dalam jangka panjang dan juga bisa disebabkan karena satu atau kombinasi beberapa penyakit pernapasan. Informasi selengkapnya tentang bagaimana penggunaan terapi aerosol untuk atasi paru obstruktif kronis dalam dunia medis dapat Anda simak berikut ini!

Penggunaan Terapi Aerosol Untuk Atasi Paru Obstruktif Kronis Dalam Dunia Medis
Seperti yang telah kita jelaskan sebelumnya bahwa ada dua jenis terapi aerosol yaitu dengan cara inhaler dan nebulizer. Untuk inhaler sendiri terapi aerosol terbagi ke dalam 3 jenis yaitu :

  • Meter dose inhaler
    Meter dose inhaler merupakan suatu perangkat genggam untuk memasukkan obat asma secara langsung ke dalam paru – paru dalam bentuk aerosol. Perangkat ini juga perlu Anda tekan untuk dapat membantu mengembuskan obat ke dalam paru – paru penderita.
  • Dry powder inhaler
    Perangkat ini berfungsi memasukkan obat ke dalam saluran pernapasan. Hanya saja bedanya dengan meter dose inhaler, jika dry powder inhaler Anda cukup hirup alat ini untuk memasukkan obat ke dalam paru – paru secara langsung tanpa perlu menekan apapun. Sangat simple bukan?
  • Soft mist inhaler
    Soft mist inhaler merupakan suatu jenis perangkat terbaru yang dapat mengubah obat ke dalam bentuk uap. Dengan demikian dapat memaksimalkan obat yang masuk ke dalam organ paru – paru Anda.

Sementara jika terapi aerosol dilakukan dengan memanfaatkan nebulizer, biasanya dokter atau petugas medis akan mengajarkan kepada calon pengguna bagaimana cara penggunaan alat ini kepada penderita. Terdapat setidaknya tiga jenis nebulizer yang dapat digunakan diantaranya :

  • Jet
    Perangkat ini merupakan suatu perangkat terapi aerosol nebulizer yang sebenarnya telah ditemukan sejak lama. Alat ini diperuntukkan menggunakan udara dengan tekanan untuk menghasilkan uap yang halus.
  • Ultrasonik
    Perangkat ini merupakan jenis perangkat baru yang menggunakan suatu frekuensi getaran ultrasonik untuk menghasilkan uap dari obat cair. Anda akan mudah menggunakan perangkat ini sebagai solusi mengatasi paru obstruktif kronis.
  • Vibrating mesh
    Perangkat terapi aerosol yang satu ini merupakan yang terbaru dan bahkan bisa menjadi yang termahal diantara dua alat sebelumnya. Hal ini juga karena bentuknya yang paling ringkas atau praktis dan nyaris tidak menimbulkan suara apapun ketika digunakan.

Itulah berbagai alat terapi aerosol untuk atasi paru obstruktif kronis yang dapat dimanfaatkan. Namun sebelum menggunakannya, berkonsultasi dulu dengan dokter adalah suatu cara yang tepat untuk mencari solusi terbaik demi menunjang kesehatan Anda.

This page needs javascript enabled !