Ketahui Perbedaan Rematik dan Asam Urat di Sini!

Penyakit rematik dan asam urat atau gout biasanya terjadi pada orang yang berusia diatas 30an tahun. Namun dewasa ini banyak juga anak muda dengan pola hidup tidak sehat yang mengalaminya. Lantas apakah kedua penyakit tersebut sama?

Ya, selama ini sebagian besar orang memang menganggap bahwa penyakit rematik dan asam urat itu sama. Akan tetapi faktanya kedua jenis penyakit ini merupakan dua penyakit yang jelas memiliki perbedaan. Hal ini harus diketahui oleh semua orang karena ada banyak orang yang menggunakan metode pengobatan yang sama untuk keduanya padahal sebenarnya kedua penyakit ini berbeda. Lantas apa saja perbedaan rematik dan asam urat? Yuk intip informasi selengkapnya dalam uraian informasi berikut ini!

Perbedaan Rematik dan Asam Urat
Jika Anda ingin tahu seperti apa penyakit rematik dan asam urat serta apakah keduanya berbeda, tentu jelas bahwa jawabannya kedua penyakit tersebut berbeda baik dari segi penyebab dan juga dari sisi bagian tubuh yang diserang.

Perbedaan pertama adalah berdasarkan penyebabnya. Penyebab penyakit asam urat adalah terjadinya kelebihan kandungan kadar asam yang ada didalam darah sehingga menjadikan penumpukan zat asam atau purin yang terdapat di tulang dan area persendian. Sementara untuk penyakit rematik sendiri merupakan suatu peristiwa pengapuran sendi yang bisa terjadi karena auto imun, infeksi atau beberapa hal yang lainnya. Untuk mengetahui keduanya secara pasti, dibutuhkan diagnosa dari pihak kedokteran agar masalahnya bisa teratasi sampai tuntas ke akar – akarnya.

Perbedaan selanjutnya adalah dapat dilihat dari bagian organ tubuh mana yang diserang. Secara umum rematik penyebabnya lebih banyak dibandingkan dari penyebab asam urat sehingga bagian tubuh yang dapat diserang berbagai jenis rematik juga lebih banyak dibandingkan dengan yang disebabkan oleh asam urat misalkan saja di bagian bahu, lutut, leher, sendi dan di area pinggang. Biasanya bagian tubuh yang mengalami rematik akan mengakibatkan sensasi rasa sakit yang tak tertahankan karena itu para penderita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi rasa sakit tersebut. Sementara bagian tubuh yang terkena penyakit asam urat hanya terdapat pada bagian sendi saja sehingga penderita akan mengalami rasa sakit di area sendi dan juga biasanya menyerang pada area sendi kaki saja. Tentu karena keduanya disebabkan oleh penyebab yang berbeda dan dengan gejala yang berbeda, cara mengatasinya juga berbeda.

Namun jangan sampai lupa untuk Anda periksakan dulu kondisi kesehatan Anda agar masalah rematik dan asam urat bisa teratasi dengan baik. Hindari melakukan diagnosa dini atau menyimpulkan sesuatu sebelum Anda benar – benar mengeceknya di dokter yang terpercaya. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi.