Ini Dia Hal yang Harus Anda Tahu Pasca Operasi Jantung

Bisa dibilang operasi jantung ini adalah salah satu jenis operasi besar. Pasca melakukan operasi jantung, biasanya Anda akan menerima beberapa catatan penting yang harus alias wajib Anda lakukan di rumah untuk atasi efek pasca operasi jantung, juga membantu percepat proses pemulihan. Walaupun pada dasarnya proses pemulihan pasca operasi jantung akan memakan waktu yang tak sedikit, bahkan hingga 2 bulan, tetapi jangka waktu ini bisa saja berbeda tiap individu. Pasca jalani operasi jantung, aktifitas harian Anda pastinya akan sedikit berbeda. Anda masih belum bisa beraktifitas seperti biasa hingga kondisi Anda benar – benar membaik. Untuk bisa percepat proses pemulihan pasca operasi jantung, berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda lakukan.

Ini Dia Hal yang Harus Anda Tahu Pasca Operasi Jantung

  • Memperhatikan cara berpakaian
    Pasca melakukan operasi jantung untuk sementara waktu, silakan Anda hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Sebab, jenis pakaian tersebut bisa menekan atau memberikan gesekan terhadap bekas luka sayatan operasi.
  • Menghindari mandi berendam
    Dokter umumnya juga menyarankan agar Anda menghindari untuk mandi berendam pasca melakukan operasi jantung. Tetapi aktifitas ini bisa kembali dilakukan saat luka sayatan pasca operasi jantung benar – benar sembuh.
  • Tidur yang nyaman
    Biasanya pasca dilakukan operasi jantung, seseorang akan alami tidur yang tidak nyaman, bahkan kesulitan untuk tidur nyenyak. Hal tersebut terjadi karena Anda merasa sakit di area operasi. Nah, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa konsumsi obat penghilang rasa sakit yang sudah diresepkan oleh dokter, 30 menit sebelum tidur.
  • Jangan menyetir selama 1 jam 30 menit hingga 2 bulan
    Sangat disarankan sekali untuk tidak menyetir selama 1 jam 30 menit selama 2 bulan pasca operasi jantung. Tetapi Anda boleh untuk jadi penumpang. Periode waktu ini bertujuan untuk membantu proses pemulihan kondisi tulang dada. Sangat disarankan sekali untuk keluar dari mobil atau jenis kendaraan lain tiap 2 jam, kemudian melakukan berjalanan lagi sekitar beberapa menit jika Anda memang bepergian dalam waktu lama.
  • Menjalani pola makan yang sehat
    Pasca operasi jantung umumnya nafsu makan akan butuh waktu untuk bisa kembali seperti semula. Walaupun demikian, Anda harus coba isi perut Anda dengan porsi yang lebih kecil tetapi lebih sering. Selain itu Anda juga disarankan untuk jalani pola makan sehat untuk bantu proses penyembuhan, seperti halnya konsumsi makanan rendah lemak atau tanpa garam.
  • Aktifitas yang bisa dilakukan pasca operasi
    Selama masa pemulihan selama 6 minggu pertama, apabila diperbolehkan oleh dokter, Anda bisa lakukan aktifitas ringan, seperti memasak, menaiki tangga, jalan – jalan ke mall, menyiram tanaman, atau pun pencuri piring selama aktifitas tersebut Anda lakukan secara pelan – pelan. Juga perlu diingat bahwa selama proses pemulihan Anda tidak diperbolehkan mengangkat benda – benda berat.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus Anda tahu pasca operasi jantung. Semoga informasinya bisa bermanfaat.

This page needs javascript enabled !