Daftar Vitamin Program Hamil yang Paling Disarankan Oleh Dokter

Apa Anda saat ini sedang merencanakan kehamilan atau justru sedang hamil? Jika iya, maka Anda sangat dianjurkan sekali untuk mendapatkan asupan vitamin juga beberapa nutrisi lainnya seperti mineral, karbohidrat, protein, dan lemak yang cukup. Tujuannya agar kecukupan nutrisi yang ada di dalam tubuh Anda tetap terjaga dengan baik, sekaligus membantu perkembangan janin dalam kandungan.

Memperhatikan asupan vitamin, terutama untuk vitamin B9 atau asam folat pastinya penting sekali untuk Anda lakukan apabila Anda memang sedang merencanakan kehamilan. Sebab, vitamin tersebut berguna untuk mencegah penyakit spina bifida, atau terbentuknya kecacatan di bagian tulang belakang janin dan mencegah resiko preeklamsia. Dosis maksimal asam folat yang harus dikonsumsi adalah 1.000 mcg per hari. Selain didapatkan dalam bentuk suplemen, vitamin tersebut juga bisa didapatkan di dalam buah stroberi, jeruk, bit, kembang kol, brokoli, kacang – kacangan. Pasta, dan sereal. Tak hanya itu, vitamin program hamil lainnya yang juga penting untuk dikonsumsi paling disarankan dokter antara lain :

Daftar Vitamin Program Hamil yang Paling Disarankan Oleh Dokter

  • Vitamin A dan beta karoten
    Berfungsi untuk bantu perkembangan tulang dan gigi, sehingga baik bagi Anda yang merencanakan kehamilan atau sedang hamil untuk konsumsi vitamin A dan beta karoten setiap harinya, maksimal 1.000 mcg per hari. Anda bisa menjumpainya di dalam susu, telur, hati, bayam, wortel, kentang, brokoli, blewah, dan semua jenis buah berwarna kuning, serta sayuran hijau.
  • Vitamin C
    Lalu untuk vitamin ini fungsinya adalah sebagai antioksidan yang lindungi sel – sel dalam tubuh, bantu menyerap zat besi, dan bentuk sistem kekebalan tubuh. Anda bisa menjumpainya di dalam buah jeruk, pepaya, paprika, kentang, tomat, kacang hijau, dan brokoli. Silakan konsumsi 2.000 mcg per hari.
  • Vitamin D
    Untuk vitamin D sendiri berguna untuk memperkuat gigi dan tulang, juga mempertahankan jumlah kalsium di dalam tubuh pada saat kehamilan. Banyak terkandung di dalam ikan berlemak, susu, dan sinar matahari. Anda bisa mengkonsumsinya sekitar 34 mcg per hari.
  • Vitamin E
    Vitamin E berfungsi untuk bantu proses pembentukan otot dan sel darah merah juga sebagai antioksidan yang diperlukan oleh tubuh ketika kehamilan. Anda bisa menjumpainya di dalam minyak nabati, bayam, gandung, dan kacang – kacangan.
  • Vitamin B1
    Kemudian untuk jenis vitamin ini fungsinya adalah untuk tingkatkan energi dan atur sistem syaraf. Vitamin tersebut juga penting bagi pertumbuhan otak bayi yang ada dalam kandungan. Vitamin B1 bisa didapatkan dari gandum utuh, buah beri, nasi, telur, pasta, kacang – kacangan dan jeroan hewan.
  • Vitamin B2
    Baik dikonsumsi tak lebih dari 1.4 mg per hari. Vitamin tersebut fungsinya adalah untuk memproduksi energi, tingkatkan kesehatan mata dan kulit, juga hambat penuaan. Banyak terkandung dalam daging ikan, unggas, tempe, telur, sereal, dan produk olahan susu.

Nah, itulah daftar vitamin program hamil yang paling disarankan oleh dokter bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.