Cara Mudah Mengetahui Agar Haid Cepat Selesai

Normalnya siklus haid atau menstruasi ini berkisar antara 21 – 35 hari dengan durasi haid sekitar 2 – 7 hari. Siklus haid memang bisa jadi lebih singkat juga bisa lebih teratur seiring dengan bertambahnya usia. Selain hal tersebut juga ada beberapa hal lainnya yang ternyata bisa mempengaruhi panjang waktu haid, seperti berat badan, stress, dan hormon.

Selain itu juga perlu untuk Anda tahu bahwa, ada pula beberapa alasan sehingga membuat seseorang ingin mempercepat siklus haidnya. Contohnya saja saat Anda harus pergi liburan ke tempat yang Anda idam – idamkan sejak lama, atau pun saat Anda akan lakukan ibadah haji dan umrah disaat siklus haid Anda datang. Berikut ini ada beberapa cara mudahnya mengetahui agar siklus haid Anda cepat selesai.

Cara Mudah Mengetahui Agar Siklus Haid Cepat Selesai

  • Konsumsi obat – obatan tertentu
    Cara mudah pertama agar haid cepat selesai yang bisa dicoba adalah dengan mengkonsumsi obat – obatan tertentu, seperti KB hormonal. Baik itu KB suntik atau pil KB keduanya sama – sama bisa digunakan untuk atur siklus haid Anda. Penggunaannya juga bisa ringankan kram dan rasa nyeri saat haid, juga memperpendek durasi haid tiap bulannya. Alternatif lainnya adalah dengan mengkonsumsi obat anti inflamasi non steroid atau OAINS.
  • Aktifitas seksual
    Pada saat masturbasi atau pun berhubungan seksual, Anda pastinya akan alami yang namanya orgasme. Ini adalah salah satu cara supaya haid cepat selesai. Orgasme sebabkan terjadinya kontraksi pada otot rahim yang nanti bisa bantu rahim untuk keluarkan darah haid yang lebih cepat lagi.
  • Olahraga secara rutin
    Olahraga yang rutin rupaya tak hanya bisa tingkatkan kesehatan Anda, akan tetapi juga bisa bantu ringankan gejala haid Anda. Hal tersebut juga bisa mengurangi jumlah hari ketika Anda haid. Selain itu, olahraga juga bisa redakan perut kambung dan minimalkan terjadinya kram ketika haid.
  • Menghindari stress
    Stress dan galau yang berlebih memang bisa banget membuat Anda jadi sangat terbebani. Kondisi seperti ini sangat tidak baik bagi kesehatan dan bisa mempengaruhi siklus haid Anda. Stress yang berlebih bisa sebabkan haid tak teratur. Oleh sebab itu usahakan untuk bisa mengontrol stress Anda sebaik mungkin.

Perlu Anda tahu juga bahwa tiap wanita pastinya memiliki siklus haid dan lama haid yang berbeda. Selama haid Anda berlangsung sekitar 2 – 7 hari dan datang tepat waktu di setiap bulannya, itu artinya siklus haid Anda normal. Tetapi apabila jarak antara tiap haid Anda terlalu singkat, yakni kurang dari 21 hari, jika lamanya haid terlalu panjang yakni lebih dari 1 minggu, atau apabila Anda alami keluhan yang berat tiap kali haid, segeralah periksakan diri ke dokter. Sebaiknya Anda selalu catat kapan siklus haid Anda berlangsung, sehingga Anda bisa merencanakan kapan akan bepergian atau pun melakukan aktifitas tertentu.

Nah, itulah beberapa cara mudah mengetahui agar haid cepat selesai yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

This page needs javascript enabled !